TUGAS PRAKTEK 1

TUGAS 1

 

http://ilmukomputer.org/

http://journal.ilmukomputer.org/

http://brainmatics.com/

http://www.ilmukomputer.com/

http://romisatriawahono.net/

 

Perancangan Aplikasi SmartPhone Android Untuk Pengontrol Lampu Berbasiskan Mikrokontroler

 

Sistem minimum (sismin) mikrokontroler Atmega8535 adalah rangkaian elektronik minimum yang diperlukan untuk beroperasinya IC mikrokontroler. Sismin ini kemudian bisa dihubungkan dengan rangkaian lain untuk menjalankan fungsi tertentu. Di keluarga mikrokontroler AVR, seri 8535 adalah salah satu seri yang sangat banyak digunakan.
Sebelum membuat rangkaian sistem minimum mikrokontroller, ada beberapa komponen – komponen yang harus disiapkan terlebih dahulu, yaitu :
1. IC Atmega8535
2. Socket IC Atmega8535
3. Relay 12volt
4. Led 3mili
5. Pin header 1 baris
6. Pin header 2 baris
7. Push button reset

Journal of Software Engineering

Journal of Software Engineering is a refereed international journal whose cover all aspects of software engineering and related hardware-software systems issues. All articles should include a validation of the idea presented, e.g. through case studies, experiments, or systematic comparisons with other approaches already in practice. Two types of papers are accepted: (1) A short paper that discusses a single contribution to a specific new trend or a new idea, and (2) A long paper that provides a survey of a specific research trend using systematic literature review (SLR) method, as well as a traditional review method.

Topics of interest include, but are not limited to:

  1. Requirement Engineering
  2. Software Development Methodology
  3. Software Quality Prediction
  4. Software Testing and Quality Assurance
  5. Software Architecture
  6. Software Project Management
  7. Software Process Improvement
  8. Self-Adaptive Software and Autonomic Computing
  9. Software Engineering Applications in Various Fields

Systems Analysis and Design with UML – Semarang

Awal keberhasilan project pengembangan sistem adalah keberhasilan dalam mendefiniskan kebutuhan. Kegagalan dalam memahami kebutuhan sistem adalah kesalahan fatal dalam project pengembangan software. Kesalahan ini mengakibatkan kesalahan pada pengembangan tahap selanjutnya dan dipastikan sistem yang dikembangkan tidak menjawab kebutuhan. Oleh karena itulah tahap analisa requirement merupakan tahap penting dalam proses pengembangan. Karena pada tahap ini menentukan sukses tidaknya project pengembangan software.

Training Systems Analysis and Design membahas mengenai teknik dan metodologi pengembangan sistem secara efektif dan efisien. Pendekatan aspek teknikal meliputi teknik menentukan kebutuhan sistem tangible dan intangible, analisa dan penyusunan model bisnis, struktur data dan sistem yang akan dikembangkan. Penyusunan desain model dibuat dengan notasi standar UML (Unified Modeling Language). Selain mengenai aspek teknikal pada training, materi ini juga membahas mengenai aspek manajemen project pengembangan software. Aspek ini meliput perencanaan project, menghitung biaya project, kebutuhan staff dan estimasi durasi yang dibutuhkankan dalam project pengembangan software.

http://ilmukomputer.com/ikc-learningnetwork.png

Selama lebih dari satu dekade, IlmuKomputer.Com tetap eksis dalam visi untuk mencerdaskan anak bangsa, memberikan layanan pembelajaran berkualitas di bidang computing. Layanan kami secara umum terbagi menjadi tiga: Tutorials,Journals dan Training.

Untuk mahasiswa dan pembelajar mula, anda dapat menemukan beragam tutorial dan buku teksbook di bidang computing di IlmuKomputer.Org. Untuk dosen dan peneliti, anda dapat mencari referensi dan mempublikasikan penelitian anda lewatJournal.IlmuKomputer.Org. Untuk para praktisi yang memerlukan training dan sertifikasi untuk suatu skill spesifik, anda bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti training di Brainmatics.Com.

 

BAGAIMANA MELAKUKAN PENELITIAN YANG BAIK?

Pada artikel ini, saya mencoba merangkumkan tahapan melakukan penelitian yang ditulis oleh Prof Bochman. Tulisan pendek berjudul “How to do Good Research” ini, sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan artikel yang saya tulis di blog ini tentang, Tahapan Memulai Penelitian untuk Mahasiswa Galau dan juga Tahapan Penelitian dengan Fokus Perbaikan Metode. Sekali lagi perlu saya tegaskan bahwa dalam research di bidang computing, “(state-of-the-art) method improvement” adalah tujuan utama penelitian. Dan disinilah kita bisa mengklaim kontribusi (contribution to knowledge) dari penelitian yang kita lakukan. Menulis code program, membangun software sistem, melakukan simulasi, dan termasuk didalamnya studi kasus, obyek/domain, dataset, dsb yg kita gunakan, hanyalah sebagai testbed untuk mengukur bahwa “method improvement” yg kita lakukan terbukti lebih baik dibandingkan dengan state-of-the-art methods (metode-metode mutakhir yang ada).

Artikel ini sekaligus menjawab pertanyaan adik-adik mahasiswa yang selalu mengatakan, mohon maaf lama tidak bimbingan, sebab saya sedang mengumpulkan data, saya sedang menunggu data dari perusahaan, atau saya sedang kerja keras mengumpulkan dana untuk bisa mengambil data di seluruh rumah sakit di Indonesia. Mengapa harus repot-repot mengeluarkan banyak dana dan waktu hanya untuk mengumpulkan data? Seharusnya konsentrasi kita untuk menentukan masalah penelitian yang akan kita selesaikan, dan menyusun metode yang lebih baik dibanding metode-metode yang sudah ada saat ini (state-of-the-art methods). Data ataupun dataset hanyalah alat untuk testbed, menguji metode yang kita usulkan. Untuk penelitian kita, tidak masalah bila kita menggunakan public dataset yang ada di repositori yang bebas diakses semacam UCI (untuk berbagai obyek data),PROMISE (untuk bidang software engineering), ACM KDD Cup, dan berbagai respositori public lain.

Rangkuman tahapan penelitian yang ditulis oleh Gregor v. Bochmann adalah sebagai berikut.

  1. Choose an interesting area for research
  2. Identify an interesting research topic (a problem for which there is no good solution)
  3. Have some good idea how to improve the state of the art
  4. Show that your idea works: e.g.
    • Apply it to some examples (realistic case studies, if possible)
    • Prove some properties of your approach (logical properties or analytical performance predictions) and show that it is better than the current state of the art
    • Do simulation studies (e.g. for performance) and show that your approach is better than the current state of the art
    • Build a software tool that supports your approach
  5. Do a systematic comparison with other approaches to the same problem and discuss advantages AND disadvantages of your approach
  6. Write up your results in some papers which make these results accessible to the interested expert.

Artikel lengkapnya silakan membaca dari link ini: How to do Good Research. Mudah-mudahan makin mempermudah jalan kita untuk melakukan penelitian yang berkualitas.

Tetap dalam perdjoeangan!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s